Macam-macam Penyakit Lidah.
Macam-macam Penyakit Lidah.

Sianyland.com, Lidah merupakan indera perasa yang sangat penting untuk manusia. Tanpa adanya indera perasa atau apabila kurang menjalankan fungsinya dengan baik seperti memiliki penyakit pada lidah maka tidak mampu membedakan rasa dari makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan pada lidah. Bukan hanya alat indera lainnya, lidah juga dapat terserang penyakit apabila kita tidak menjaga kesehatan dengan baik. Penyakit pada lidah terdapat bermacam-macam. Berikut ulasan mengenai macam-macam penyakit lidah.

Macam-macam Penyakit Lidah.
Macam-macam Penyakit Lidah.

Leukoplakia

Leukoplakia adalah timbulnya bercak putih pada permukaan lidah, gusi dan dinding bagian dalam pipi. Penyakit ini disebabkan karena kebiasan merokok, mengonsumsi tembakau dan minum alkohol secara berlebihan.

Munculnya bercak putih seperti ini tidak bisa dibiarkan sehingga perlu untuk segera konsultasi ke dokter karena apabila dibiarkan dan bercak putih tersebut masih muncul maka dapat menderita kanker lidah. Walaupun pada umumnya, Leukoplakia dapat sembuh dengan sendirinya tanpa melalui terapi.

Kanker Lidah

Kanker Lidah dapat terjadi pada lidah karena tumbuhnya jaringan pada lidah yang tidak normal maksudnya ialah neoplasma yang mucul dari jaringan epitel mukosa. Sama halnya dengan penyakit Leukoplakia, agar tidak menderita penyakit kanker lidah maka hindarilah tembakau dan kebiasaan merokok yang dapat menjadi faktor pemicu utama pertumbuhan sel kanker pada lidah.

Macam-macam Penyakit Lidah.
Macam-macam Penyakit Lidah.

Salah satu macam penyakit lidah ini karena kurang kebersihan akan lidah dan penggunaan gigi palsu yang tidak sesuai atau tidak cocok.

Kandidiasis

Penyakit Kandidiasis adalah kondisi dimana terserang dan disebabkan oleh jamur yang bernama Candida Albicans yang biasanya dialami oleh seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah atau sedang melakukan perawatan. Seringkali dialami oleh orang tua, anak kecil dan bayi. Untuk menyembuhkan penyakit Kandidiasis dokter sering mengobati pasien dengan terapi anti jamur sehingga lidah dapat menjalankan fungsinya dengan baik sebagai indera perasa.

Glositis Atrofi

Glositis Atrofi yang biasa disebut munculnya bercah merah pada lidah dapat terjadi akibat kekurangan zat besi, asam folat dan vitamin B12. Lidah menjadi terlihat merah, terasa perih dan bisa jadi muncul pembengkakan.

Biasanya penderita yang menderita penyakit ini lidahnya akan terlihat licin dan mengkilat, baik seluruh bagian lidahnya maupun hanya sebagian. Cara mengatasinya ialah dengan rutin menjaga kesehatan seperti mencukupkan kebutuhan vitamin dan banyak minum air putih minimal 8 gelas sehari. Dan biasanya diderita oleh penderita anemia.

Geographic Tongue

Geographic Tongue adalah lidah mengalami peradangan yang bersifat kronis dan dapat terjadi apabila mengalami gangguan pada saluran pencernaan. Dikatakan Geographic Tongue karena terdapat bercak pada lidah yang berbentuk seperti pulau-pulau yang dimana pulau tersebut berwarna merah dan disekelilingnya terdapat lapisan tebal berwarna putih. Penyakit ini dapat terjadi apabila terjadi yang disebabkan oleh suatu alergi.

Fissured Tongue

Fissured Tongue adalah kondisi dimana lidah mengalami retak-retak sehingga lidah tampak seperti terbelah. Retakan tersebut biasanya berada di tengah-tengah lidah dan hanya ada satu. Tidak menutup kemungkinan bisa juga bercabang-cabang dan dapat membuat penderita merasa perih dan nyeri di lidah sehingga sulit untuk makan dan minum dengan leluasa.

Glossopyrosis

Glossopyrosis adalah kondisi ketika seseorang menderita penyakit lidah ini maka pada lidah meraka akan terasa seperti perih dan terbakar. Namun, salah satu macam penyakit lidah ini tidak menunjukkan gejala apapun sehingga agak riskan juga penyakit ini.

Nah itulah macam-macam penyakit lidah yang tidak boleh di abaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here