Rahasia Hubungan Harmonis
Rahasia Hubungan Harmonis.

Sianyland.com, Dalam perusahaan pastinya ada seorang atasan dengan bawahan. Hubungan antar keduanya pun tidak bisa dipisahkan layaknya saling berhubungan. Seperti halnya seorang atasan tidak dapat menjalankan tugasnya apabila bawahan tidak mau bekerjasama untuk kepentingan perusahaan ataupun sebaliknya seorang bawahan yang tidak tahu harus bagaimana melakukan pekerjaannya dan bisa terhambat pekerjaannya dikarenakan hubungan dengan atasannya kurang terjalin dengan baik namun kali ini kita akan memberikan rahasia hubungan harmonis dengan bawahan di kantor.

Rahasia Hubungan Harmonis.
Rahasia Hubungan Harmonis.

Sebagai seorang atasan penting untuk bisa menjalin hubungan yang harmonis dengan bawahannya. Karena dapat memperlancar dalam bekerja antar satu sama lain. Hubungan yang terjalin membuat atasan dengan bawahan menjadi akrab dan meminimalisir terjadinya perpecahan dan menjadi semakin kompak. Tentunya semua orang mendambakan lingkungan kerja yang nyaman, komunikasi yang terjalin dengan atasan berjalan dengan lancer serta tidak adanya kecurigaan.

Dengan adanya hubungan yang harmonis antar atasan dengan bawahannya maka dapat menjadi faktor pendukung mensukseskan perusahaan tersebut. Lalu, bagaimanakah cara agar terjalin hubungan yang harmonis dengan bawahan ? Berikut rahasia hubungan harmonis dengan bawahan dengan cara-cara yang perlu Anda ketahui

Memberikan perintah secara bijak kepada bawahan

Perintah disini maksudnya adalah perintah perihal pekerjaan. Berikanlah perintah kepada bawahan Anda hanya ketika di tempat kerja saja. Ketika memberikan perintah seharusnya menggunakan kata tolong dan sopan agar terkesan tidak memerintah.

Rahasia Hubungan Harmonis.
Rahasia Hubungan Harmonis.

Janganlah memberikan perintah yang melebihi kemampuan bawahannya karena setiap orang memiliki batas kemampuan yang berbeda-beda. Jangan lupa memberikan perintah dengan senyum atau ceria agar bawahan merasa senang melakukan perintah yang Anda perintahkan.

Memberikan teguran secara bijak kepada bawahan.

Apabila bawahan Anda melakukan kesalahan, berikanlah teguran secara empat mata bila perlu panggil keruangan Anda agar tidak didepan banyak orang. Ketika memberikan teguran, kendalikan emosi Anda dan gunakan kata-kata yang halus dan sopan. Tetapi teguran yang diberikan haruslah sudah yakin yang bersangkutan benar-benar melakukan kesalahan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Teguran yang dilakukan katakan secara jelas dan tepat sasaran agar bawahan mengerti dimana letak kesalahannya.

Bertindak adil pada bawahan

Bertindak adil pada bawahan maksudnya adalah dalam pekerjaan tidak membedakan bawahan berdasarkan suku, agama, ras, dan sebagainya. Hal ini agar tidak terjadi diskriminasi ataupun rasis.

Sebagai seorang atasan juga bersikap adil dalam menyikapi suatu permasalahan yang terjadi di lingkungan kerja seperti membenarkan yang benar dan memberikan teguran pada yang salah. Sebagai seorang atasan yang baik berperilaku yang netral tanpa memihak pihak manapun dan tidak membenarkan kesalahan yang dilakukan bawahan walaupun seseorang tersebut adalah orang yang dikenal sekalipun.

Bersikap adil sebagai seorang atasan juga seperti memberikan pekerjaan yang sama porsinya kepada bawahan tanpa memberatkan salah satu sisi. Rahasia hubungan harmonis dengan bawahan bisa juga dengan memberi imbalan yang sesuai dengan kinerja yang dikerjakannya.

Menghargai masukan bawahan

Dalam menghadapi suatu permasalahan di kantor, baiknya seorang atasan mau menerima masukan dan kritik dari bawahannya. Setiap masukan pun patutnya dihargai karena banyak ide yang diberikan maka permasalahan dapat terselesaikan dengan baik. Cara ini ialah bentuk kepedulian atasan terhadap bawahannya walaupun hanya sekedar beberapa masukan yang diberikan oleh bawahannya.

Menilai prestasi bawahan secara adil

Rahasia terakhir yaitu rahasia hubungan harmonis dengan bawahan adalah menilai pretasi bawahan secara adil yaitu dengan memberikan penghargaan pada yang berprestasi dan memberikan promosi pada bawahan yang memiliki kinerja yang meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here