Tips Mengajarkan Anak Sikat Gigi.
Tips Mengajarkan Anak Sikat Gigi.

Sianyland.com, Sikat gigi memang penting untuk kesehatan. Terlebih untuk mendapatkan gigi yang bersih dan sehat memerlukan perawatan yang intens, salah satunya adalah dengan sikat gigi. untuk itu kita akan memberikan tips mengajarkan anak sikat gigi.

Tips Mengajarkan Anak Sikat Gigi.
Tips Mengajarkan Anak Sikat Gigi.

Bagi anak-anak khususnya sikat gigi merupakan hal yang tidak penting dan malas untuk dilakukan. Bahkan enggan untuk sikat gigi dan baru akan dilakukan setelah merasa sakit gigi dan pergi ke dokter gigi. Padahal dengan rajin sikat gigi, akan membuat giginya bersih, sehat dan dapat menikmati makanan dan minuman dengan baik.

Oleh karena itu, sebagai orang tua sangat diperlukan untuk mengajarkan anak sikat gigi. Bagaimana agar anak rajin sikat gigi? Berikut tips-tips yang menjadi pertimbangan para orang tua dalam mengajarkan anak untuk rajin sikat gigi.

Kenali pada anak pentingnya sikat gigi

Sebagai anak pasti tidak memperdulikan akan pentingnya sikat gigi, manfaat serta mengapa harus selalu sikat gigi. Hal inilah yang menjadi peran penting orang tua dalam mengajarkan pentingnya sikat gigi kepada anak.

Tips Mengajarkan Anak Sikat Gigi.
Tips Mengajarkan Anak Sikat Gigi.

Sebagai orang tua dapat mengajarkannya dalam bentuk cerita yang dibuat sendiri atau menonton bersama anak, kartun tentang apabila tidak sikat gigi maka akan sakit gigi lalu menceritakan kuman yang menempel pada gigi dari sisa makanan dan membuat gigi bolong. Dengan cara ini yang terkesan menakut-nakuti anak, bisa menjadi tips yang efektif dalam mengajarkan anak agar rajin sikat gigi.

Memberikan sikat gigi dan tempat sikat gigi yang lucu

Penting juga untuk tidak melewatkan tips yang satu ini karena anak menjadi tertarik dan senang untuk rajin sikat gigi.

Menemani Anak Sikat Gigi

Agar anak selalu rajin dalam sikat gigi, perlu juga sebagai orang tua untuk selalu menemai anak sikat gigi. Hal ini membuat anak semakin senang dan tidak merasa kesepian serta dapat memiliki momen kebersamaan bersama orang tuanya. Walaupun pada awalnya sang anak baru atau belum terbiasa untuk rajin sikat gigi, para orang tua dapat mengajarkan langkah-langkah ketika sikat gigi.

Seperti misalnya pada gigi samping bagian kanan dan kiri cara menyikatnya dengan berputar dan berulang-ulang dan pada gigi bagian depan menyikatnya dengan cara keatas dan kebawah. Dengan membiasakan untuk sikat gigi bersama anak, selain anak mengetahui cara menyikat gigi dengan benar serta menjadi terbiasa dan menjadi rajin sikat gigi.

Memberikan Pujian pada Anak

Tentunya dengan anak semakin rajin untuk sikat gigi membuat para orang tua menjadi senang. Dengan memberikan pujian pada anak seperti “Anak mama/papa memang pintar jadi rajin sikat gigi” membuat anak menjadi semangat serta dapat memotivasi anak untuk terbiasa sikat gigi sebelum tidur. Anak pun yang awalnya malas dan enggan untuk sikat gigi menjadi senang karena pujian yang diberikan oleh orang tuanya.

Memberikan Hadiah pada Anak

Tentunya apabila anak melakukan hal yang baik, pada umumnya orang tua memberikan hadiah sebagai apresiasi atas apa yang dilakukan sang anak. Sama halnya ketika anak menjadi rajin sikat gigi, para orang tua dapat memberikan hadiah-hadiah kecil untuk anak agar anak termotivasi untuk semakin rajin sikat gigi dan menjaga giginya supaya tidak sakit.

Tips mengajarkan anak sikat gigi diatas memang sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh orang tua dalam mengajarkan anaknya menjadi rajin sikat gigi. Namun, patut dicoba karena walaupun terkesan sepele tetapi dapat dijadikan cara dalam mengajarkan anak untuk rajin sikat gigi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here