Penyebab Sakit Ulu Hati.
Penyebab Sakit Ulu Hati.

Sianyland.com, Pada dunia kedokteran, nyeri pada ulu hati berada di daerah epigastrium yang terletak pada perut bagian atas tengah. Biasanya nyeri pada ulu hati terjadi ketika sebelum, setelah makan ataupun ketika berbaring setelah makan dan penyebab sakit ulu hati beragam.

Penyebab Sakit Ulu Hati.
Penyebab Sakit Ulu Hati.

Apakah kamu sering mengalami sakit pada ulu hati? Sakit pada ulu hati merupakan sakit yang seringkali dikeluhkan oleh pasien. Dan seringkali juga pasien mengganggap bahwa sakit pada ulu hati penyebabnya ialah nyeri pada lambung atau sakit maag.

Bahkan pasian mengaitkan penyakit tersebut yang disebabkan oleh stress atau banyak pikiran. Hal tersebut membuat pasien menjadi salah presepsi dan mensalahartikan maksud sebenarnya dari sakit pada ulu hati. Benar bahwa nyeri pada ulu hati penyebab organiknya ialah nyeri pada lambung.

Penyebab Sakit Ulu Hati.
Penyebab Sakit Ulu Hati.

Namun, masih banyak kemungkinan lainnya yang dapat menyebabkan sakit pada ulu hati. Penyebab sakit ulu hati bermacam-macam. Lalu, apakah penyakit tersebut berbahaya? Dan apa saja penyebab sakit ulu hati? Mari kita simak penyebab sakit pada ulu hati

Penyakit gastroesofageal

Penyakit ini biasa disebut GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease Seseorang yang mengalami kondisi penyakit ini merasakan nyeri pada tulang belakang dada. Penyakit GERD terjadi karena aliran balik makanan atau tepatnya makanan yang sudah dikonsumsi telah tercampur dengan asam lambung dan enzim pepsin pada lambung lalu naik kembali ke kerongkongan.

Karena asam lambung tersebut naik ke kerongkongan, makan akan terasa terbakar di dada. Akan terasa semakin sakit apabila penderita membungkuk ataupun berbaring. Oleh karena itu dapat menyebabkan sakit tenggorokan, tidak dapat menarik napas sepenuhnya dan terasa terdapat benjolan di tenggorokan penderita.

Radang Lambung

Radang Lambung atau Gastritis adalah kondisi dimana penderita mengalami peradangan pada lapisan dalam lambung. Asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan mual, penurunan berat badan dan sakit pada ulu hati.

Tukak Lambung

Penyakit ini yaitu dimana terjadi luka pada lambung sehingga dapat menyebabkan mual,, muntah darah dan BAB yang tidak sehat.

Gastroenteritis

Terjadi karena peradangan pada lambung dan usus. Gastroenteritis biasa disebut dengan sakit muntaber. Gejala yang dialami adalah nyeri ulu hati, mual dan muntah terus menerus, diare dan dehidrasi.

Hepatitis

Hepatitis adalah radang atau infeksi hati yang menjadi penyebab sakit ulu hati dengan disertai warna kuning pada bola mata dan urin berwarna cokelat.

Apendisitis

Apendisitis adalah radang pada usus buntu yang walaupun terletak di daerah kanan bawah namun seringkali terasa sakit pada ulu hati.

Pankretitis

Pankreatitis adalah penyakit yang terjadi pada pankreas atau dapat pula disebut radang pancreas. Penyakit radang pankreas ini dapat menjadi akut atau kronis apabila tidak ditangani dan dirawat dengan serius. Apabila radang pada pankreas sudah parah maka akan menimbulkan sakit ulu hati dan kearah tulang belakang.

Penyakit Kantung Empedu

Penyakit ini yaitu pasien mengalami peradangan pada kantung empedu yang dimana merasakan sakit pada perut bagian kanan dan dapat menyebar serta menyebabkan nyeri pada ulu hati.

Masih banyak lagi penyebab sakit ulu hati, namun penyebab yang telah disebutkan sebelumnya tidak bisa dianggap enteng. Oleh karena itu, apabila Anda merasa sakit pada ulu hati Anda, periksalah segera ke dokter dan tangani secara serius karena penyakit ini sering dialami oleh banyak orang dan dapat menjadi penyakit akut atau kronis apabila Anda memilih mengabaikan sakit pada ulu hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here