3.9 C
New York City
Wednesday, January 29, 2020
Home Kesehatan Jenis dan Penyebab Penyakit Vertigo

Jenis dan Penyebab Penyakit Vertigo

Vertigo merupakan penyakit yang membuat penderita mengalami rasa sakit pada bagian kepala. Berbeda dari sakit kepala biasa, vertigo akan membuat penderita seakan ruangan berputar. Kondisi ini akan membuat tubuh mudah jatuh dan mual. Bahkan dari beberapa penderita jatuh tidak sadarkan diri. Selain itu, gejalan lainnya penderita akan muntah, mata tidak fokus, dan telinga berdeging.

Dari penjelasan di atas bisa digaris bawahi bahwasannya vertigo sangat berbeda dari sakit kepala biasa. Penyebab penyakit ini umumnya dikarenakan terdapat sumbatan telinga bagian dalam yang membuat tubuh kehilangan keseimbangan. Hal ini bisa diakibatkan oleh kegiatan fisik yang terlalu berlebihan atau menggerakkan kepala secara kasar dan tiba-tiba.

Jenis dan Penyebab Vertigo

1. Vertigo Periferal

Setiap jenis vertigo memilih penyebab yang berbeda-beda. Jenis vertigo yang satu ini biasanya dikarenakan terdapat gangguan telinga bagian dalam. Sehingga tubuh mengalami ketidak seimbangan. Biasanya telinga bagian dalam ini yang akan mengirim sinyal pada otak agat tetap bisa menerima bunyi dengan baik. Sinyal ini akan dikirimkan posisi kepala saat kamu menggerakkan dan mengubah posisi.

Nah, ketika bagian telinga itu tersumbat oleh virus atau bakteri lain sinyal tidak bisa diteruskan ke otak. Akhirnya, kamu merasakan sakit kepala hebat dan membuat badan kehilangan keseimbangan. Tidak jarang dalam posisi ini kamu akan mudah terjatuh. Sedangkan buat kamu yang ingin tahu lebih mengenai khasiat bubuk kopi bisa klik link https://www.guesehat.com/bubuk-kopi-bermanfaat-menyembuhkan-luka.

2. Benign Paroxymal Psitional Vertigo (BPPV)

Penyebab kedua dari penyakit vertigo adalah BPPV. Kondisi ini terjadi karena gangguan telinga bagian dalam yang disebabkan oleh gerakan kepala segara kasar dan mendadak.Contohnya, bangun tiba-tiba dari tidur, menggerakkan kepala dari posisi tegak secara kasar menunduk. Penderita yang lebih rentan adalah mereka yang pernah menggalami operasi telinga.

3. Mengalalami Gangguan Labirintitis

Labirintitis merupakan sebuah gangguan telinga bagian dalam yang disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada cairan labirin. Ketika gejala ini dirasakan akibat labirintitis, maka akan timbul gejala lain seperti nyeri pada telinga, mual, muntah, sekaligus demam. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk menyepelekan penyakit ini. Sesegara mungkin dibawa ke dokter untuk mendapat penanganan khusus.

4. Vertigo Sentral

Berbeda dari jenis vertigo lainnya yang disebabkan oleh gangguan pada telinga. Vertigo sentral lebih dikarenakan gangguan otak kecil atau cerebellum. Waspadai gejala ini karena sangat berbahaya untuk tubuh. Kondisi semakin parah, ketika penderita mengalami tumor otak, migrain, stroke, dan penyakit lain yang berhubungan dengan cerebellum.

5. Penyakit Meniere

Penyebab lain dari vertigo adalah penyakit meniere, yaitu gangguan pada telinga bagian dalam yang membuat penderita mengalami kesakitan parah pada bagian kepala. Selain itu, terasa telinga berdenging, dan menghilangnya fungsi pendengaran dalam kurun waktu tertentu.

Demikian pemaparan mengenai gejala vertigo dan cara mengatasinya. Setiap penyakit memperlukan waktu untuk berubah menganaskan. Jadi, jangan pernah remehkan gejala sekecil apapun. Yang terpenting terus jalin komunikasi dengan tubuh kamu. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Penyebab dan Penyembuhan Muntah Pada Balita

Muntah pada balita biasanya terjadi tanpa penyebab yang perlu dikhawatirkan. Tapi dalam beberapa kasus tertentu, muntah bisa menjadi salah satu tanda untuk...

Jenis dan Penyebab Penyakit Vertigo

Vertigo merupakan penyakit yang membuat penderita mengalami rasa sakit pada bagian kepala. Berbeda dari sakit kepala biasa, vertigo akan membuat penderita seakan...

Kuat dan Irit Bahan Bakar, Ini 5 Harga Mobil Isuzu Sesuai Tipenya

Isuzu merupakan produsen otomotif yang sudah terkenal melahirkan mobil yang berkualitas. Sejak berdiri tahun 1937, pabrikan asal Jepang ini hingga sekarang terus...

Seberapa Penting Mentega Putih dalam Pembuatan Pastry?

Shortening atau sering disebut dengan mentega putihmerupakan jenis lemak yang dapat dimakan secara umum. Hal ini sering ditemukan dalam berbagai pembuatan adonan roti...

Recent Comments