8.2 C
New York
Wednesday, April 7, 2021
HomeGaya HidupIni Langkah Mengatasi Pencemaran Lingkungan dari SehatQ.com

Ini Langkah Mengatasi Pencemaran Lingkungan dari SehatQ.com

Benarkah bahwa pencemaran lingkungan saat ini semakin meningkat? Berbagai negara terutama negara kita Indonesia saat ini sangat membutuhkan kepedulian masyarakat untuk dapat menjaga lingkungan. Masalah tersebut tidak hanya membahayakan bumi tetapi juga bagi keberlangsungan makhluk hidup di dalamnya.

Peran kita semua dalam mencegah dan menanggulangi pencemaran lingkungan sangat dibutuhkan. Faktor terjadiny pencemaran terhadap lingkungan bisa karena fenomena alam seperti aktivitas gunung berapi. Akan tetapi tidak hanya itu, faktor oleh manusia paling banyak ditemukan seperti asap kendaraan, limbah industri, sampah dan lainnya.

Jika terus dibiarkan berlangsung dalam waktu yang lebih lama maka keberadaan makhluk hidup akan terganggu. Itu sebabnya mulai dari sekarang dan mulai lah dari hal-hal kecil kita bisa melestarikan lingkungan.

Lalu bagaimanakah langkah kita untuk mengatasi pencemaran lingkungan? Berikut ulasannya.

1. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Slogan “buanglah sampah pada tempatnya” mungkin sudah sering kali kita dengar dan baca sejak lama. Nah, slogan itu dibuat bukan hanya sekedar cuma-cuma loh teman. Itu merupakan langkah untuk mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan, mulai dari hal kecil dan simpel. Perihal membuang sampah sering kali dianggap remeh oleh sebagian orang, namun dengan membuang sampah pada tempatnya merupakan satu hal bijak yang kita lakukan untuk bumi.

Kamu bisa mulai dari sekarang ya teman-teman untuk belajar tertib membuang sampah di tempatnya. Sampah yang terbuang sembarangan akan terus berserakkan dan terbawa ke aliran air hingga bermuara di laut. Menyedihkan saat melihat bumi kita penuh dengan sampah bukan?

Kalian juga perlu mengetahui jenis-jenis sampah organik dan non-organik dan membuangnya secara terpisah. Hal itu karena, sampah organik dapat terurai dengan mudah melalui pembusukkan sedangkan sampah non-organik butuh waktu bertahun-tahun untuk dapat terurai, sehingga banyak orang yang kreatif untuk memberdayakannya menjadi kerajinan tangan.

2. Reboisasi

Reboisasi merupakan kegiatan penanaman kembali hutan gundul. Ini sangat penting loh untuk mendapatkan udara yang lebih sehat dan lingkungan yang lebih baik. Menanami pohon-pohon dapat memperbaiki sirkulasi udara, selain itu juga mampu mengatasi bencana alam seperti banjir dan longsor. Kita juga perlu membuat ruang-ruang hijau di perkotaan untuk menekan polusi udara yang ada.

3. Menanggulangi Limbah Industri

Limbah industri mempunyai banyak dampak negatif bagi lingkungan. Limbah dapat menyebarkan racun dan mengganggu tatanan ekosistem. Karenanya kita haru lebih peduli terhadap lingkungan dengan mengolah terlebih dahulu limbah kimia sebelum dibuang. Sehingga akan mengurangi bahaya yang akan terdampak pada lingkungan.

4. Mengurangi Penggunaan Plastik

Langkah yang satu ini mungkin sudah banyak diterapkan di berbagai negara. Indonesia sendiri kini telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah yang mengatur pembatasan pengguanaan plastik, seperti misalnya melarang pebisnis menggunakan plastik sebagai kemasan belanjaan. Nah ini mungkin sudah menjadi kampanye sosial yang banyak digerakkan di berbagai negara. Kampanye pengurangan plastik lebih dikenal dengan istilah (diet plastik).

Kalian mungkin mulai bisa peduli lingkungan dengan membatasi penggunaan plastik. Yaitu membawa dan menggunakan kantong belanja reusable saat berbelanja, membeli sedotan stainless untuk mengganti fungsi sedotan plastik, membawa botol minum pribadi saat membeli minuman di toko-toko franchise minuman.

5. Melakukan Penyuluhan

Inilah langkah yang paling mudah diterima oleh masyarakat. Pemerintah atau golongan masyarakat manapun bisa melakukan penyuluhan sebagai edukasi kepada masyarakat. Melalui penyuluhan kita dapat lebih mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungannya. Kita bisa memberikan berbagai rekomendasi artikel menjaga lingkungan kepada para remaja atau mahasiswa untuk menimbulkan kesadaran.

Ayo kita terapkan pencegahan pencemaran lingkungan untuk bumi yang lebih baik. Jika buka sekarang, maka anak cucu kita kelak yang akan menerima dampaknya. Bumi yang asri ini perlu kita jaga dengan sikap sadar dan peduli. Semoga panjang umur selalu bumi kita ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments