8.2 C
New York
Saturday, October 31, 2020
Home Kesehatan Penderita Corona dengan Gejala Ringan Ternyata Bisa Dirawat di Rumah, Ini Caranya!

Penderita Corona dengan Gejala Ringan Ternyata Bisa Dirawat di Rumah, Ini Caranya!

Jumlah pasien corona di dalam negeri terus bertambah hari demi hari. Hingga saat ini penambahan kasus baru di Indonesia setiap harinya berkisar antara 200 hingga 300 kasus baru. Angka ini berarti menambah kebutuhan ruang perawatan di seluruh rumah sakit khususnya rumah sakit rujukan covid19. Jika kondisi ini terus terjadi, dikhawatirkan jumlah rawat inap akan penuh bahkan kurang dan menyebabkan pasien penyakit lainnya terbengkalai. Atas pemikiran tersebut, WHO menyarankan pasien positif covid19 dengan gejala ringan bahkan tanpa gejala melakukan perawatan dan isolasi di rumah sendiri untuk memfokuskan ketersediaan ruang perawatan bagi mereka yang memiliki gejala parah dan mereka yang memiliki resiko lebih tinggi.

Virus covid19 setelah menginfeksi seseorang, akan menimbulkan gejala dari gejala ringan hingga berat. Apa saja gejala yang bisa ditimbulkan? Ini dia:

  • Diare.
  • Batuk kering.
  • Nyeri di tenggorokan.
  • Demam.
  • Badan terasa sakit / nyeri otot.
  • Sesak nafas.

Dari gejala covid19 tersebut, yang dapat dikategorikan sebagai gejala ringan adalah diare dan batuk kering hingga demam ringan. Jika Anda atau anggota keluarga sudah dinyatakan positif covid19 namun memiliki gejala ringan seperti yang disebutkan tadi, maka akan lebih baik jika Anda memilih opsi isolasi di rumah saja dengan disiplin tinggi.

Lalu apa saja yang harus diterapkan oleh pasien dan keluarga saat melakukan isolasi mandiri di rumah bagi pasien positif corona? Ini dia aturan yang harus dilakukan agar memutus mata rantai penularan dan melindungi orang lain yang lebih rentan:

  1. Gunakan kamar yang terpisah dengan anggota keluarga lainnya. Selalu di dalam kamar jika tidak harus ke kamar mandi atau ingin berjemur di pagi hari.
  2. Selalu menggunakan masker apalagi jika akan kontak dengan anggota keluarga misalnya saat keluar kamar untuk pergi ke kamar mandi.
  3. Menggunakan alat makan, alat mandi dan peralatan lainnya sendiri.
  4. Selalu mengukur suhu tubuh dan mengontrol gejala yang timbul.
  5. Beraktivitas dengan normal di kamar, sediakan televisi jika perlu atau membaca buku.
  6. Bersihkan ruangan kamar dengan cairan desinfektan.
  7. Sering mencuci tangan Anda dengan alkohol atau air mengalir dan sabun.
  8. Bersihkan gagang pintu, jendela, meja dan kursi dengan desinfektan.
  9. Jika membutuhkan konsultasi dengan dokter seputar penanganan covid19, Anda bisa melakukannya secara online melalui Halodoc.
  10. Jika gejala semakin memburuk dengan timbulnya demam tinggi atau sesak nafas, segera hubungi 119 untuk mendapatkan pelayanan medis.
  11. Jika harus pergi ke rumah sakit sendiri, gunakan masker dan alat transportasi pribadi.

Aturan ini bukan hanya harus dipatuhi bagi penderita positif corona saja, namun juga oleh anggota keluarga yang tinggal serumah. Jangan melakukan kontak fisik dengan penderita, dan biarkan penderita hanya di kamar saja selama masa karantina. Bantu ia untuk memenuhi kebutuhan makan dan minuman dengan menyediakan makanan dan minuman sehat. Sebaiknya untuk melayani kebutuhan makan minum, pilihlah anggota keluarga yang masih muda dan sehat sehingga memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik. Seringlah mencuci tangan setelah membantu pasien yang menjalankan isolasi di rumah. Jika keluarga mulai mengalami gejala mirip dengan pasien, segera hubungi petugas kesehatan untuk mendapatkan informasi apa yang harus dilakukan. Sebelum mendapatkan informasi, gunakan masker dan lakukan isolasi mandiri di kamar terpisah dari keluarga lainnya.

isolasi diri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Patut Dicoba! 4 Rekomendasi Usaha Modal Kecil

Bisnis modal kecil menjadi pilihan bagi banyak orang yang baru pertama kali merintis sebuah usaha. Hal ini tentu ditujukan agar modal yang...

Penderita Corona dengan Gejala Ringan Ternyata Bisa Dirawat di Rumah, Ini Caranya!

Jumlah pasien corona di dalam negeri terus bertambah hari demi hari. Hingga saat ini penambahan kasus baru di Indonesia setiap harinya berkisar antara 200...

Penyebab dan Penyembuhan Muntah Pada Balita

Muntah pada balita biasanya terjadi tanpa penyebab yang perlu dikhawatirkan. Tapi dalam beberapa kasus tertentu, muntah bisa menjadi salah satu tanda untuk...

Jenis dan Penyebab Penyakit Vertigo

Vertigo merupakan penyakit yang membuat penderita mengalami rasa sakit pada bagian kepala. Berbeda dari sakit kepala biasa, vertigo akan membuat penderita seakan...

Recent Comments